Menjamin Kesejahteraan Bangsa Melalui Pendidikan Berkualitas

0

 

Sumber gambar: Unsplash/Bayu Syaits

Pendidikan merupakan sebuah jembatan untuk memerangi kebodohan, dengan adanya pendidikan maka akan tercipta perubahan untuk kehidupan. Apalagi seiring berkembangnya zaman, pendidikan semakin diperlukan. Banyak hal yang dapat diubah melalui pendidikan, seperti pola pikir manusia, membantu manusia membedakan hal baik dan buruk, hingga menyejahterakan kondisi sosial dan ekonomi. Akan tetapi untuk mencapai itu semua tentunya dibutuhkan pendidikan yang berkualitas baik di ranah keluarga, lingkungan sekitar, dan lingkungan akademik yakni dengan cara meningkatkan kualitas pengajar yang lebih berkompeten dan juga menyediakan sarana serta prasarana memadai sebagai penunjang pendidikan.

Sementara itu melansir data dalam Kompasiana.com menyatakan bahwa tahun 2023 Indonesia menempati urutan ke 67 dari 209 negara di dunia pada peringkat pendidikan (Worldtop20.org). Kualitas pendidikan Indonesia sangat memprihatinkan, ketidakmerataan pendidikan menjadi masalah yang kompleks di Tanah Air. Beberapa alasan mengapa kualitas pendidikan di Indonesia masih dianggap rendah meliputi kurikulum yang kurang memadai, fasilitas negara yang terbatas, kekurangan pendidik berpengalaman, biaya pendidikan yang tinggi, dan kurangnya kesadaran akan pentingnya pendidikan. 

Tentunya untuk mencapai pendidikan yang berkualitas di Indonesia tidak cukup hanya dengan campur tangan pemerintah, melainkan masyarakat dan organisasi-organisasi nonpemerintah sangat dibutuhkan dalam penyelesaian masalah ini. Kekompakan para pihak pendidik, metode belajar efektif dan inovatif, hingga sarana dan prasarana memadai, menjadi jalan untuk menumbuhkan bibit-bibit generasi penerus bangsa yang berwawasan global dan kreatif.

Pendidikan yang berkualitas mampu terwujud jika terdapat pembangunan dan perbaikan fasilitas pendidikan terutama di daerah terpencil, memastikan akses yang memadai, memperbanyak program beasiswa bagi siswa kurang mampu dan berprestasi sehingga bisa terus melanjutkan pendidikannya, menyiapkan tenaga pendidik yang berkualitas, serta keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak.

Pendidikan yang berkualitas tentunya akan berdampak besar bagi kesejahteraan di masa depan, oleh karena itu masih banyak PR untuk pemerintah dan masyarakat dalam membangun pendidikan. Saatnya seluruh stakeholder untuk memeratakan pendidikan di semua wilayah, supaya tidak ada berbagai alasan anak-anak muda tidak melanjutkan pendidikannya. 

Penulis : Iqda Khoirun Nisa

Editor : Intan

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !