Profil Qimah

0

Media ini bernama LPM QIMAH yang dalam bahasa Arab (قمة)  diartikan sebagai nilai. Nilai disini yang dimaksud bukan nilai angka akan tetapi nilai yang sering dihubungkan dengan masalah kebaikan. Sesuatu dikatakan bernilai apabila sesuatu hal tersebut berguna, berharga, dan bermanfaat. Nilai itu bersifat ide dan ideal. Oleh karenanya nilai adalah sesuatu yang abstrak (tidak terlihat wujudnya) dan tidak dapat disentuh oleh panca indera manusia. Namun dapat di identifikasi apabila manusia sebagai objek nilai tersebut melakukan tindakan atau perbuatan mengenai nilai-nilai tersebut.
LPM Qimah didirikan pada tanggal 28 Oktober tahun 1986. LPM Qimah didirikan sebagai wadah para mahasiswa Fakultas Adab yang berminat dalam dunia Jurnlistik dan  Pemikiran. Hingga sekarang, Qimah berusaha untuk menjadi media yang netral dalam menyampaikan segala info dan perkembangan yang terjadi di lingkungan Fakultas Adab khususnya dan lingkungan Kampus UINSA pada umumnya. Sesuai dengan bidangnya, lembaga ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang dunia jurnalistik. Selain itu, lembaga ini juga membentuk mahasiswa untuk bisa berfikir lebih kritis, sesuai dengan mottonya yaitu Wahana Berfikir Kritis.

            Dalam membentuk dan meneruskan perjuangannya, Setiap tahun LPM Qimah selalu mengadakan regenerasi kader dengan melaksanakan sebuah kegiatan rutin yang dinamakan, (DJD) Diklat Juranlistik Dasar. Disamping itu, untuk menambah daya kritis dan wawasan tentang dunia jurnalistik para Crew LPM Qimah juga akan diajak berkunjung ke Redaksi Media Cetak ternama.

             Seperti yang baru-baru ini dilakukan,Crew LPM Qimah berkunjung ke Redaksi Jawa Pos dan Radar Surabaya yang bertempat tidak jauh dari kantor LPM Qimah. Dalam kunjungan tersebut, LPM Qimah diberikan pembelajaran langsung oleh Jurnalis yang professional dibidangnya. Disana para Crew LPM Qimah diberi gambaran tentang bagaimana proses sebuah berita itu tersusun dari pencarian berita, menulis berita, mengambil foto sebuah peristiwa dan tentang tata cara mendesain Lay Out berita hingga bisa menjadi koran, buletin, tabloid maupun majalah dan dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Tidak hanya kunjungan  di media-media  cetak, tapi LPM Qimah juga mengadakan studi banding antar LPM diberbagai kampus yang ada di Surabaya.

Beberapa karya tulis juga sudah pernah dibuat dan dipublikasikan oleh LPM Qimah, salah satunya adalah koran edisi ke-2 ini dan juga majalah Qimah. Di setiap bulannya LPM Qimah juga menerbitkan buletin, dimana buletin itu sendiri digarap langsung oleh para crew magang atau anggota baru yang telah bergabung dan menjadi bagian dari LPM Qimah. Hal ini menunjukan bahwa LPM Qimah memang lembaga dimana anggotanya dituntut dan dibina secara langsung untuk menjadi seorang jurnalis yang professional dalam dunia pers dan juga membentuk karakter mahasiswa untuk lebih berfikir kritis. Dan disini kita juga berbagi ilmu tentang layout, fotografi dan penulisan berita

Untuk agenda mingguan, para crew Qimah selalu mengadakan rapat redaksi yang juga berguna sebagai wadah diskusi isu-isu yang terjadi seputar dunia kampus dan mahasiswa. Agenda ini sekaligus menjadi penguat emosional dan spiritual antar crew. Diluar itu masih banyak hal lain yang menarik dari LPM Qimah termasuk media online yang baru-baru ini diluncurkan melalu website www.lpmqimah.com. Salam Persma!   (anz)


Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !