Dema Fahum Optimalkan Pengelolaan Administrasi Ormawa Lewat Kelas Administrasi

0

sumber gambar: LPM Qimah

Selasa (26/03/2024) Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Adab dan Humaniora, menggelar acara kelas administrasi yang bertempat di Auditorium Lt.9 Gedung Fahum UINSA Kampus 2. Acara ini diselenggarakan untuk seluruh anggota Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fahum. Pada acara kelas administrasi ini mengusung tema “Memaksimalkan Potensi Diri dalam Pengelolaan Administrasi”. Dengan tema tersebut, acara ini diselenggarakan bertujuan sebagai informasi mengenai cara pengelolaan administrasi yang akan digunakan oleh seluruh kegiatan Ormawa pada satu periode ke depan.

Tak tanggung-tanggung, pada pelatihan tersebut langsung diberi dua materi tentang administrasi yang disampaikan kepada seluruh tamu delegasi Ormawa, masing-masing Ormawa diwajibkan untuk mendelegasikan 4 hingga 5 anggotanya agar ikut serta pada acara pelatihan administrasi.

Pada materi pertama, membahas tentang sekolah administrasi mahasiswa yang disampaikan oleh Ibu Hj. Luluk Fathirotin, M.M. Pada materi ini, Ibu luluk menjelaskan tentang Alur Pertanggungjawaban Penggunaan Dana Anggaran DPP dan Perjalanan Dinas (PERJADIN).

Saat memasuki sesi tanya jawab pada materi pertama, terdapat beberapa mahasiswa yang memberikan pertanyaan kepada Ibu Luluk, salah satunya dari Himpunan Mahasiswa Sastra Indonesia (Himapro Sasindo). “Bagaimana cara memberikan dokumentasi dengan GPS jika acara tersebut dilaksanakan secara online, sebab Himapro Sasindo saat ini tengah mengadakan kegiatan lomba cipta puisi secara online?” ujar ketua Himapro Sasindo. Sebelumnya pada pemaparan materi, terdapat penjelasan mengenai alur kebutuhan pendukung SPJ yang memerlukan beberapa syarat untuk mengajukan SPJ, salah satunya harus melampirkan dokumentasi foto beserta keterangan GPS.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ibu Luluk menjelaskan bahwa semua kegiatan Ormawa pada tahun 2024 harus dilaksanakan secara offline, tidak boleh secara online. Namun, jawaban tersebut disanggah oleh ketua Himapro Sasindo. Apakah pernyataan mengenai kegiatan harus dilaksanakan secara offline sudah diberitahukan kepada seluruh Ormawa? sebab hingga saat ini saya belum mendengar pernyataan tersebut, lalu bagaimana jika kegiatan yang dilaksanakan oleh Himapro Sasindo sudah berlangsung?” ucap ketua Himapro Sasindo.

Untuk pernyataan tersebut memang baru saja dikeluarkan oleh pihak Rektorat, jika kegiatan lomba cipta puisi Himapro Sasindo sudah berlangsung, saya akan tanyakan lebih lanjut kepada pihak Rektorat setelah acara kelas administrasi ini selesai dan saya usahakan supaya acara Himapro tetap berjalan,” jawab Ibu Luluk.

Selanjutnya pada materi kedua disampaikan oleh Shilna Faradis, S.Hum dan Muhammad Alfa, S.Hum yang membahas mengenai administrasi dan kesekretariatan organisasi. Pada materi tersebut, kak Shilna dan kak Alfa menjelaskan banyak hal mengenai administrasi organisasi seperti, fungsi administrasi, ciri-ciri administrasi, kesekertariatan, mekanisme persuratan Ormawa kampus, dan masih banyak lagi.

Pada materi kedua juga terdapat pertanyaan dari UKM Moesad tentang proposal administrasi.Bagaimana komponen dan peletakan tanda tangan proposal pada administrasi saat ini?” tanya salah satu anggota Moesad.

“Ada beberapa acara yang memang bisa dicairkan ke akademik dan ada juga yang tidak, yang mau dicairkan ke akademik itu yang minta tanda tangan ke Sema dan untuk acara yang tidak bisa dicarikan itu cukup minta tanda tangan ke Dema,” jawab kak Shilna.

Kak Zonni, selaku ketua Sema Fahum juga menambahi jawaban dari pertanyaan tersebut. “Tujuannya kan itu untuk memaksimalkan anggaran yang disediakan oleh fakultas, maka dari itu harus ada controlling dan konfirmasi ke Dema, supaya tidak tabrakan dengan kegiatan lain. Sedangkan dari Sema ada tahap anggaran, yang pertama pengajuan proposal kepada komisi B, setiap ormawa yang mengajukan akan dimasukkan draft oleh komisi B supaya mengetahui permasalahan yang ada.”

Acara kelas administrasi ini berlangsung dengan lancar dan dihadiri oleh banyak delegasi dari setiap Ormawa Fahum. Dengan digelarnya acara ini, para anggota Ormawa Fahum dapat menyampaikan pertanyaan sekaligus opini terhadap administrasi organisasi mahasiswa Fahum


Penulis: Firda

Editor: Lenyyy

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !