Mengenal Lebih Dekat Dosen Prodi Bahasa dan Sastra Arab, Pak Nasaruddin Idris Jauhar

0

Sumber gambar: LPM Qimah

Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora UIN Sunan Ampel Surabaya pasti sudah tidak asing dengan Bapak Nasaruddin Idris Jauhar atau yang akrab disapa Pak Nasar. Beliau adalah seorang Dosen di UIN Sunan Ampel Surabaya, Fakultas Adab dan Humaniora, prodi Bahasa dan Sastra Arab di jenjang S1 dan Pendidikan Bahasa Arab di Pascasarjana. Beliau juga sempat menjadi Wakil Dekan 3 Fakultas Adab dan Humaniora pada tahun 2018-2022. Maka dari itu, beliau juga sangat dekat dengan anak didiknya.

Beliau menempuh pendidikan S1 di prodi Bahasa dan Sastra Arab UIN Sunan Ampel Surabaya (sebelumnya bernama IAIN) pada tahun 1992-1996. Kemudian melanjutkan studi S2 dan S3 di Sudan pada tahun 2000-2006. Beliau sempat bercerita mengenai alasannya memilih berkuliah di UIN Sunan Ampel Surabaya karena di tahun itu belum banyak kampus-kampus, sehingga banyak remaja yang lulus SMA mencari perguruan tinggi di kota-kota besar seperti Mataram, Surabaya, dan Makasar. Berbeda dengan sekarang yang sudah banyak berdiri perguruan tinggi di kota asalnya, Bima Nusa Tenggara barat.

Sebagai dosen, beliau acap kali memberi motivasi pada para mahasiswanya untuk belajar bahasa arab. “Jangan menunggu dikondisikan dari luar, harus muncul motivasi yang kuat dari dalam. Keinginan yang kuat untuk punya kemampuan berkomunikasi dengan Bahasa Arab,” tuturnya.

Menurutnya, problem yang dialami mahasiswa Bahasa dan sastra Arab adalah kurangnya penguasaan pada penggunaan bahasa Arab yang menjadi sumber kajian mereka, karena bahasa itu tidak hanya sebuah ilmu, melainkan skill yang harus dibiasakan. Beliau sangat berharap agar mahasiswa memiliki kemauan menguasai Bahasa Arab, karena itu konsekuesi yang tidak bisa di tawar-tawar lagi, seperti halnya di prodi bahasa asing lainnya.

Menindaklanjuti harapan beliau agar para mahasiswa mempunyai kemauan berbahasa Arab, Pak Nasaruddin memanfaatkan media digital untuk menyediakan materi bahasa Arab. Melalui saluran telegram, beliau membuat grup bernama Uslub Bahasa Arab yang berisikan mufrodat-mufrodat beserta contoh penggunaannya yang bisa digunakan dalam percakapan sehari-hari. Hal ini dilakukan karena beliau juga mengakui bahwa tidak mudah menggunakan bahasa Arab, terlebih ketika bertemu istilah-istilah yang sedang tren.

Selain itu, beliau menganggap bahwa ini merupakan kewajibannya selaku dosen dan guru bahasa Arab untuk menyediakan kebutuhan berbahasa. Grup telegram ini menggunakan format bahasa Indonesia-Arab yang fungsinya bukan untuk digunakan sebagai penerjemah, melainkan untuk berbicara dan menulis. Selain di telegram, beliau juga memanfaatkan berbagai media digital lainnya, seperti Instagram, Facebook dan websitenya yang bernama lisanarabi.net.

Tidak hanya aktif menulis di internet, beliau juga telah menulis beberapa buku, seperti “Fonologi Bahasa Arab untuk Penutur Indonesia”, “Pola Ungkapan dalam Al-Qur’an dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat” dan juga “Pola Ungkapan dalam Hadis Nabi SAW dan Contoh Penggunaannya dalam Kalimat”.

Selain sebagai dosen, Pak Nasaruddin saat ini juga menjabat sebagai wakil ketua IMLA (Ittihad Mudarrisil Lughatil ‘Arabiyyah) yang mana pada bulan desember 2023 lalu berkesempatan mengikuti konferensi tahunan King Salman Global Academy for Arabic Language di Riyadh, Arab Saudi. Selain sebagai bagian dari IMLA, konsistensi beliau dalam dunia kebahasaan arab juga yang membuatnya dapat berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Berdasarkan pengalaman beliau yang pernah menempuh studi di Sudan dan bergelut di dunia bahasa Arab, tingkat kemampuan berbahasa Arab orang Indonesia masih dinilai kurang menonjol. Hal ini dilatar belakangi oleh tidak adanya kebiasaan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi dan proses pembelajaran yang lebih menekankan pada pengenalan saja, tetapi tidak menekuni dan menerapkannya untuk percakapan sehari-hari.

 

Penulis: Alfil Laeli, Naura Maulika Khairunnisa

Editor: Leny

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !