Makna di Balik Tradisi Lebaran: Menciptakan Kebahagiaan di Momen Fitri

0

sumber gambar: freepik.com

Hari Raya Idul Fitri atau yang dikenal dengan Lebaran merupakan hari dimana umat Islam merayakan kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa. Lebaran juga menjadi momentum yang sangat ditunggu-tunggu bagi keluarga dan masyarakat untuk saling bersilahturahmi dan berkumpul bersama keluarga. Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri terdapat berbagai tradisi yang unik dan penuh makna. Berikut beberapa tradisi yang terjadi saat lebaran.

1. Mudik: Hal umum ini menjadi ikonik di setiap lebaran. Dimana yang merantau akan kembali ke kampung halamannya untuk menciptakan momen berkumpul bersama keluarga di hari yang fitri. Perjalanan yang ditempuh dan sebuah perjuangan menjadi bagian yang tidak akan terpisahkan saat lebaran. 

2. Takbiran: Hal ini menjadi tanda bahwa umat Islam merayakan kemenangan. Dengan mengumandangkan takbir di malam Hari Raya Idul Fitri untuk mengagungkan kebesaran Allah SWT. Biasanya takbiran dilakukan di masjid bahkan beberapa daerah melakukan takbir keliling.

3. Sholat Idul Fitri: Sholat Idul Fitri menjadi simbol merayakan kemenangan dan momen untuk kembali fitrah.

4. Silahturahmi: Tradisi ini juga menjadi hal yang tidak akan terpisahkan di hari lebaran. Berkunjung ke keluarga, saudara, dan tetangga-tetangga untuk saling memaafkan dan mempererat tali persaudaraan. 

5. Hidangan khas lebaran: Ketupat, opor, rendang, dan lainnya menjadi hidangan khas lebaran. Menikmati hidangan akan menciptakan kebahagiaan dan kebersamaan.

6. Fashion: Masyarakat selalu membeli pakaian baru karena lebaran adalah momen yang istimewa, tetapi pakaian baru bukanlah hal wajib karena yang terpenting adalah pakaian yang digunakan bersih, suci dan sopan.

Meskipun di setiap daerah memiliki tradisi masing-masing tetapi beberapa tradisi diatas tidak akan terpisahkan di setiap perayaan lebaran. Idul Fitri bukan hanya tentang merayakan kebahagiaan, semuanya memiliki makna kebersamaan dan momen untuk kembali fitrah. 

Mari merayakan hari kemenangan dengan kebersamaan. Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.


Penulis: Ayu Puspita

Editor: Lenyyy


Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !