Libur Semester Tiba, Harus Ngapain Ya?

0



Sumber gambar: Google

Libur semester telah tiba! Kalian ngapain nih di rumah? Melakukan kegiatan yang bermanfaat atau rebahan aja?. Daripada rebahan doang mending lakukan hal berikut ini deh buat ngisi liburan semester.

1. Mengikuti volunteer atau magang

            Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah mengikuti volunteer atau magang. Tidak hanya dilakukan secara offline, tapi bisa juga loh secara online. Caranya yaitu kalian bisa cari informasi volunteer atau magang di Instagram. Banyak kok yang membuka lowongan bagi para mahasiswa dengan jangka waktu 2-3 bulan. Sesuai bukan, dengan masa libur semester? Tidak hanya itu, kalian juga mendapatkan beberapa manfaat dari kegiatan ini di antaranya yaitu menambah relasi, pengalaman, dan juga E-Sertifikat.

2. Mencoba membuka bisnis

            Kalau kalian males keluar rumah tapi pengen dapet uang, membuka bisnis bisa jadi solusinya! Coba deh amati apa yang diminati di kalangan remaja saat ini. Pasti banyak peluang bisnisnya. Contohnya Coffee shop, makanan viral, kerudung, dan lain sebagainya. Untuk pemula, sebaiknya pikirkan juga budget yang akan kalian keluarkan. Usahakan yang minim budget untuk meminimalisir resiko rugi yang akan terjadi. Bukan berarti tidak sungguh-sungguh membuka bisnis loh ya! Tidak hanya itu, kalian juga bisa mencoba berjualan di aplikasi online, seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, dan lain-lain. Kan lumayan, santai-santai di rumah menghasilkan uang.

3. Travelling

            Bagi yang engga suka diem di rumah, traveling bisa jadi jawabannya! Kalian bisa menjelajah daerah yang belum dikunjungi, atau udah masuk wishlist traveling kalian. Lumayan kan, selama kurang lebih 1,5 bulan untuk traveling setelah sibuk dengan hari kuliah? Traveling ala backpacker juga bisa kalian coba loh! Backpacker, seperti yang dilansir dari dictionary.cambridge.org juga bisa diartikan sebagai orang yang melakukan perjalanan wisata dengan sebuah tas ransel, tidak menghabiskan banyak uang dan menginap di penginapan yang terjangkau. Para backpacker biasanya sangat bertanggung jawab atas dirinya sendiri dari mulai tujuan perjalanan, tiket, makan, hingga penginapan. Yuk, coba jadi seorang backpacker!

4. Olahraga

            Selama masa perkuliahan, kalian olahraga berapa kali? Jangan-jangan malah ga olahraga sama sekali? Nah, liburan kali ini bisa kalian manfaatkan untuk olahraga. Olahraga ringan seperti jalan-jalan, bersepeda, jogging bisa kalian lakukan di sekitar rumah. Jangan malas olahraga ya!

5. Berkunjung ke museum atau perpustakaan

            Opsi lain buat kalian biar ga bosen di rumah yaitu berkunjung ke museum atau perpustakaan. Seperti yang lagi hits saat ini, atau yang lebih dikenal sebagai museum date juga bermanfaat loh. Selain dapat dijadikan bahan konten, kalian juga dapat lebih mengenal barang-barang kuno, langka, dan dilindungi oleh pemmerintah. Seperti di Surabaya, terdapat Museum Pendidikan, Museum H.O.S Tjokroaminoto, Museum Olahraga, Museum Sepuluh Nopember, dan Museum W.R. Soepratman. Untuk perpustakaan, kalian juga bisa mengunjungi Perpustakaan Kota Balai Pemuda, Perpustakaan Kota Rungkut Asri, Perpustakaan Bank Indonesia, Perpustakaan Taman Flora, dan Perpustakaan Taman Ekspresi.

6. Berkunjung ke rumah teman atau saudara

            Setelah disibukkan dengan kegiatan perkuliahan, saatnya untuk mengunjungi teman atau saudara. Kunjungan ini bisa bermanfaat untuk tetap menjaga hubungan kalian dengan teman atau saudara. Di rumah mereka, kalian bisa melakukan banyak kegiatan bersama seperti nonton bareng, memasak, skincare-an, bahkan menginap beberapa hari. Atau bisa juga mengunjungi rumah teman yang jadi anak rantau. Kalian malah bisa liburan bareng-bareng di tempat yang belum kalian kunjungi. Seru bukan?

            Nah itulah beberapa kegiatan yang dapat kalian lakukan di masa-masa liburan ini. Manfaatkan liburan kalian dengan baik ya! Sebelum memulai kembali masa perkuliahan di semester mendatang.


Penulis : Dewi Apriliyanti Rahmatunni’mah
Editor : Gitta Alivia Nuryanti 

Tags

Posting Komentar

0Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.
Posting Komentar (0)

#buttons=(Accept !) #days=(20)

Situs web kami menggunakan cookie untuk meningkatkan pengalaman anda! Learn More
Accept !